5 Tips Mengolah Daging Agar Aman Cegah PMK 

5 Tips Mengolah Daging Agar Aman Cegah PMK 

Banyak orang prihatin dengan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) saat ini di Indonesia. Kekhawatiran ini menyerang tentang keamanan konsumsi daging sapi setiap hari. Tidak hanya itu, tetapi juga berbagai jeroan yang biasa dibeli di pasar atau supermarket.

Apa itu Penyakit Mulut Dan Kuku?

penyakit mulut dan kuku pada hewan

Penyakit mulut dan kuku adalah penyakit yang ditularkan melalui virus yang menyerang hewan berkuku, seperti sapi, kerbau, babi, domba, dan kambing. Kementerian Pertanian RI, di sisi lain, mengatakan penyakit mulut dan kuku pada hewan tidak mengancam kesehatan manusia. Mereka juga menunjukkan bahwa daging dan produk susu aman dikonsumsi jika disiapkan dengan benar.

Menurut Kementerian Pertanian, lima bagian hewan tersebut terinfeksi penyakit mulut dan kuku dan tidak boleh dikonsumsi. Pasalnya, bagian ini kerap terpapar virus penyakit mulut dan kuku. Adapun lima bagian tersebut yaitu jeroan, mulut, bibir, lidah dan kaki. Selain itu, mereka mengindikasikan bahwa bagian lain pada hewan dapat dikonsumsi selama dinyatakan bebas dari virus.

Meskipun penularan PMK melalui daging dan jeroan yang dibeli di pasar tradisional tidak berbahaya bagi kesehatan manusia, ada beberapa tindakan pencegahan yang harus dilakukan.

5 Cara Mencegah PMK Saat Mengolah Daging 

5 Tips Mengolah Daging Agar Aman Cegah PMK 

1. Jangan Mencuci 

Jika Anda tidak berencana untuk mengolah daging secara langsung, sebaiknya jangan mencuci  terlebih dahulu bila tidak langsung diolah.

2. Merebus Daging

Sebelum diolah, rebus terlebih dahulu bahan dan jeroan selama 30 menit dalam air mendidih. Hal ini bertujuan agar kuman, bakteri, atau virus dapat mati terlebih dahulu sebelum diolah lebih lanjut.

3. Membekukan

Jika Anda tidak langsung memasak, Anda dapat memasukkannya ke dalam freezer dan membekukannya dalam kemasan selama 24 jam.

4. Rebus Olahan Daging

Jika menggunakan jeroan mentah, masak dalam air mendidih selama 30 menit sebelum diproses atau didinginkan.

5. Jangan Membuang Limbah Sembarangan

Guna menghindari penularan virus, rendam kotoran daging dalam deterjen atau cuka rumah tangga sebelum membuangnya.

Demikianlah penjelasan seputar 5 Tips Mengolah Daging Agar Aman Cegah PMK. Pastikan kebersihan dalam mengolah makanan terjamin, agar Anda dapat terhindar dari bahaya virus dan bakteri yang mengintai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.